Selasa, 18 Juni 2013

FESHION DI KALANGAN REMAJA MUSLIM



1.      PENDAHULUAN   
Fesyen merupakan kata terpopuler di kalangan masyarakat. Kehadiran fesyen juga sangat penting untuk penampilan dan selalu berkembang dari tahun ke tahun sesuai lingkungan dan zaman. Namun problematika bagi fesyen untuk remaja muslimah sering menjadi sorotan dari segala aspek yang ada padanya, menurunnya standar moralitas mereka serta pemecahan-pemecahan yang benar yang harus di jaga pada setiap saat dan di setiap tempat, semua ini terjadi karena era globalisasi yang meningkat. Bagi seorang remaja di usia yang masih belia masih amat labil sehingga mudah terpengaruh terhadap segala perubahan yang lebih intens di perhatikan. Gaya fesyen remaja sekarang ini semakin beragam seiring dengan masuknya budaya barat ke Indonesia, bahkan kerudung yang menjadi ciri khas seorang muslimah kini menjadi trend baru di dunia fesyen dengan model dan warna yang lebih menarik. 
2.      ISI
Islam adalah agama yang Rahmatal Lil’alamin, itu adalah acuan yang penting sebagai seorang bagian dari seorang muslim. Islam mengatur segala aspek kehidupan makhluk yang ada di dunia ini. Allah menciptakan makhluknya dilengkapi dengan aturan-aturan yang harus di taati. Segala aturan itu telah ditetapkan dalam Al-quran yang kemudian dirumuskan oleh Nabi Muhammad dan para sahabatnya. Aspek fesyen sudah merasuk dalam kehidupan sehari-hari pada diri setiap individu. Perkembangan fesyen yang semakin merebak dikalangan remaja dalam memaknai fesyen jilbab yang sedang marak terjadi. Fesyen sendiri dapat dikategorikan berdasarkan dari kelompok mana fesyen itu dipandang oleh setiap individu yang pada dasarnya fesyen terjadi pada kalangan atas atau sering disebut dengan kalangan elite yang selalu respect, up to date dan tanggap pertama kali dalam perubahan fesyen yang kemudian merambah menuju kalangan menengah dan kalangan bawah. Masa remaja adalah periode dimana seseorang mulai bertanya-tanya mengenai berbagai fenomena yang terjadi di lingkungan sekitarnya sebagai dasar bagi pembentukan nilai diri mereka. Kemampuan berpikir dalam dimensi moral pada remaja berkembang karena mereka mulai melihat adanya kejanggalan dan ketidakseimbangan antara yang mereka percayai dahulu dengan kenyataan yang ada di sekitarnya. Islam adalah sebuah ajaran yang Rahmatan lil alamin (Rahmat bagi sekalian alam) karena memandang seorang anak manusia adalah mulia dan mempunyai hak serta kewajiban yang sesuai dengan kodratnya masing-masing. Khususnya kaum wanita, mereka dalam hal ini sangat dilindungi dan dimuliakan sebagai usaha untuk menciptakan kehidupan yang aman dan sejahtera. Selain daripada itu sebagai seorang wanita maka jelas sekali bahwasannya ia juga harus melindungi martabat dan kesuciannya dari beberapa hal yang kelak bisa merusaknya.
3.      PENUTUP
Pakaian seorang muslimah harus didasarkan pada aturan auratnya. Kita boleh mengikuti trend budaya Barat saat ini tetapi tetap harus berpegang pada rambu-rambu yang diajarkan dalam agam islam. Kita bisa memanfaatkan hal ini dengan tetap mempertahankan sisi keislaman kita. Namun perkembangan ini malah dimanfaatkan oleh para desainer untuk mengambil keuntungan, akibatnya para remaja yang menjadi sasaran dampak perkembangan fesyen Barat ini.
Daftar Pustaka:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar