Minggu, 17 Oktober 2010

Tugas Eko 1



MENGENAL ILMU EKONOMI



Disusun oleh;
Nama       :  YULIANTO
Npm        :  18210756
Kelas       :  1EA21

 
ILMU EKONOMI

*) Definisi secara umum: suatu studi mengenai individu-individu dan masyarakat membuat pilihan,dengan atau       tanpa penggunaan uang,dengan menggunakan sumber-sumber daya yang terbatas---tetapi dapat digunakan     dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk             kebutuhan konsumsi,sekarang dan di masa datang,kepada berbagai individu dan golongan masyarakat.
*) Definisi ekonomi mikro: bagian dari ilmu ekonomi yang menganalisis mengenai bagian-bagian kecil dari             keseluruhan kegiatan perekonomian. 
   Tiga aspek penting yang dianalisis:
    a) Interaksi di pasar barang;
    b) Tingkah laku pembeli dan penjual;
    c) Interaksi di pasar faktor produksi.
*) Definisi ekonomi makro: menganalisis keseluruhan kegiatan perekonomian ,bersifat global dan tidak                 memperhatikan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh unit-unit kecil dalam perekonomian.
   Tiga aspek diantaranya:
    a) Penentuan tingkat kegiatan perekonomi negara;
    b) Pengeluaran agregat;
    c) Mengatasi pengangguran dan inflasi.

KELANGKAAN DALAM ILMU EKONOMI
 

*) Kebutuhan masyarakat: keinginan yang relatif tidak terbatas untuk menikmati berbagai jenis barang dan jasa     yang dapat memenuhi kebutuhan mereka.
*) Faktor-faktor produksi yang tersedia dalam masyarakat: faktor-faktor produksi untuk pengadaan barang-       barang tersebut relatif terbatas.


PERMASALAHAN EKONOMI 

*) Barang apa yang harus diproduksi dan berapa banyak?
*) Bagaimana cara memproduksinya?
*) Untuk siapa barang dan jasa diproduksi?

BIAYA KESEMPATAN / OPORTUNITY COST

 
*) kesempatan(untuk memperoleh sesuatu)yang hilang karena kita telah memilih alternatif lain.


BARANG EKONOMI DAN BARANG BEBAS
 

*) Barang ekonomi: barang yang terbatas jumlahnya(langka) dan memerlukan pengorbanan untuk                         memperolehnya.
*) Barang bebas: barang yang tersedia dalam jumlah melimpah(tidak langka) dan tidak memerlukan                     pengorbanan untuk memperolehnya.


PERANAN ASUMSI DALAM METODE ILMIAH
 

*) Para ahli ekonomi menggunakan asumsi-asumsi untuk memudahkan pemahaman atas aspek yang                     diamatinya.


 MODEL EKKONOMI SIKLUS ALIRAN BERPUTAR


Sektor rumah tangga memberikan faktor produksi yang dibutuhkan dunia usaha untuk produksi,salah satunya adalah kesediaan untuk bekerja(tenaga kerja). Terjadilah aliran penawaran faktor produksi (garis A). atas faktor-faktor produksi yang diberikan,sector perusahaan memberikan balas jasa,misalnya upah dan gaji,sehingga terjadi aliran penerimaan sektor rumah tangga (garis B). faktor-faktor produksi yang dibeli sector perusahaan diproses menjadi out put berupa barang dan jasa(garis C). selain tenaga kerja,faktor-faktor produksi lainnya yang dimiliki sector rumah tangga adalah modal(diberi balas jasa berupa bungga atau dividen),dan tanah (diberi sewa). Sektor rumah tangga membeli barang yang ditawarkan sector perusahaan dengan menggunakan pendapatan mereka ,terjadilah arus konsumsi barang dan jasa yang merupakan arus pendapatan perusahaan(garis D)
 

  CURVA BATAS KEMUNGKINAN PRODUKSI


Batas kemungkinan-kemungkinan produksi  
Batas kemungkinan-kemungkinan produksi menunjukkan kombinasi hasil-hasil produksi ---dalam kasus ini,mobil dan komputer ---yang mungkin dapat dihasilkan oleh perekonomian. Perekonomian dapat menghasilkan berbagai kombinasi pada atau dalam batas. Titik diluar batas tidak mungkin terjadi karena adanya keterbatasan sumber-sumber daya pada perekonomian.  






TERIMAKASIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar